Rabu, 06 Januari 2016

Mudahnya Sulit, Sulitnya Mudah

Dalam kehidupan, kita akan selalu mengalami mudah dan sulit terutama dalam menggapai mimpi. Hampir setiap orang pasti memiliki impian dalam hidupnya. Hanya orang yang tidak pantas hiduplah yang tidak pernah dan tidak ingin memiliki impian. Kadang kita berpikir bahwa untuk mewujudkan impian itu sangatlah mudah, sehingga kita benar-benar semangat untuk mewujudkannya; bahkan sampai jungkir balik dan lupa makan. Tetapi, kadang kita juga berpikir bahwa untuk mewujudkan impian itu sangatlah sulit, sehingga akhirnya kita putus asa dan berhenti berusaha untuk mewujudkannya. Sebenarnya untuk meraih impian itu bukanlah hal yang sulit, hanya saja tidak mudah.          
Mungkin kita sering mendengar ayat ini, tetapi mungkin saja kadang hati dan pikiran kita lalai untuk mengamalkannya atau lupa untuk memahaminya/merenungkannya. Padahal jika ayat ini benar-benar dipahami/direnungkan, manfaatnya akan sungguh luar biasa. Sungguh berbagai kesempitan kita pastilah akan akan terasa ringan dan semakin mudah kita pikul. Berikut ini tanggapan para pakar tafsir mengenai ayat di atas.
Kesimpulan : Semudah-mudahnya hidup pasti akan ada kesulitan yang menghadang. Hal ini tidak lain dan tidak bukan untuk mengingatkan kita agar selalu mawas/ introspeksi diri. Sesulit-sulitnya hidup pasti akan ada kemudahan yang datang.  Hal ini tidak lain dan tidak bukan untuk mengingatkan kita agar selalu bersyukur. Kita harus menyiapkan pikiran dan hati yang ikhlas sebagai senjata dalam menghadapi mudah dan sulitnya hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar