Jadi gambaran iceberg dalam PMRI itu digambarkan seperti berikut :
Bila diuraikan, maka tahapan pengkostruksian pengetahuan dalam pembelajaran matematika adalah sebagai berikut:
1.
Tahap Konkrit
Pada
tahap ini, siswa dihadapkan dengan matematika konkrit. Apakah matematika
konkrit itu? Ternyata semua yang kita lihat, yang ada dalam kehidupan
sehari-hari siswa, itulah yang disebut matematika konkrit. Misalnya, pohon,
karet, kursi dll, dapat kita bawa ke matematika konkrit. Dalam tahapan ini,
guru harus memastikan bahwa pengetahuan yang dibangun siswa dalam tahap ini
kokoh, baru melanjutkan ke tahapan selanjutnya.
2.
Tahap Model Konkrit
Contoh-contoh
konkrit ketika sudah dituangkan dalam gambar, atau guru menempelkan foto benda
konkrit, maka itu sudah menjadi model konkrit. Mengapa disebut model konrit?
karena telah terkena manipulasi/ campur tangan guru, bukan lagi benda yang
konkrit, namun model konkrit.
3.
Tahap Model formal
Dari
model konkrit, siswa dibawa ke tahap model formal. Misalkan saja dalam pecahan,
dengan gambar (model tertentu) siswa membangun
pengetahuan bahwa
½
+ ½ = 1. Namun pada tahap ini, siswa masih menggunakan model, sehingga disebut
model formal.
4.
Tahap Matematika formal
Dalam
tahap ini, siswa sudah dihadapkan dengan matematika formal, dalam bentuk
simbol-simbol seperti matematika yang umumnya diberikan di sekolah-sekolah.
Karena siswa membangun pengetahuan matematika mereka dari matematika konkrit,
model konkrit dan model formal, maka siswa akan lebih mudah membangun
pengetahuan matematika formal mereka karena telah memiliki dasar yang kuat.
sumber : http://irawidyastuti94.blogspot.co.id/2014/06/pendekatan-gunung-es-iceberg-pada.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar